By | 13 Juli 2019

Gunung santri merupakan Bukit yang menyerupai Gunung, dikelilingi banyak gugusan Gunung, kemudian disebutlah bukit ini dengan nama Gunung Santri dengan ketinggian sekitar 600 meter.

Gunung Santri merupakan Obyek wisata religi yang terletak di Kawasan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang sering dikunjungi Peziarah.

Gerbang menuju puncak Gunung Santri

Biasanya Peziarah yang berkunjung ke Tempat ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat, karena untuk mencapai puncaknya pengunjung harus menaiki deretan ratusan anak tangga.

Meskipun demikian, Pengunjung yang melakukan wisata religi ke tempat ini tidak perlu risau jika dalam perjalanan menuju puncak merasa lapar maupun haus, karena di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Santri banyak Pedagang yang berjualan, mulai dari minuman dingin berbagai rasa hingga makanan pokok.

Adapun makanan pokok yang menjadi khas di Tempat tersebut adalah Pecel, berdasarkan beberapa Narasumber yang ditemui Penulis, Konon katanya jika naik Gunung Santri belum memakan pecel dirasa kurang lengkap, terlebih di Sepanjang jalur pendakian semua warung menyediakan menu Pecel.

Sesampainya di Puncak Gunung Santri, di Tempat tersebutlah muara bagi pengunjung dimana terdapat Masjid Kecil yang didalamnya terdapat makam Waliyullah yakni makam Syaikh Muhammad Sholeh bin Abdurrahman yang wafat pada Tahun 1550 M atau 95 H diusia 76 Tahun, makam Syeikh Maulana Malik Isroil bin Abul Hasan Asy-Syadzili yang wafat pada tahun 1435 M, dan makam dari Ulama asal Persia Maulana Muhammad Ali Akbar.

Baca Juga:  Surga Kecil Tersembunyi di Pandeglang

Selain itu Gunung santri mempunyai pesona keindahan alam tersendiri yang dapat memanjakan mata pengunjung, dimana ketika mulai menaiki rentetan anak tangga Pengunjung disuguhkan dengan hijaunya pepohonan, bahkan tampak jelas birunya laut yang terbentang.

Tidak sedikit Pengunjung yang mengabadikan pemandangan tersebut, bahkan berswafoto, serta mengabadikan video, Jadi Gunung Santri tepat untuk berbagai kalangan, tua maupun muda.

Gunung Santri biasanya ramai dikunjungi pada Bulan Maulid, sebelum Ramadhan, selepas Idhul Fitri, menjelang musim Haji, Setiap Hari Minggu, dan Pengunjungnya bukan hanya asal Banten saja, melainkan dari berbagai Daerah.

Nah kerabat patron yang budiman, jadi kalo mau “Wisata Religi? Gunung Santri Pilihannya”

Oleh : Mubasyaroh, Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Editor : Aldy Madagi

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *