By | 12 Oktober 2019

patron.id – Serang, Menjelang Cut Off usulan PPG 14 Oktober 2019 dan Cut Off BOS 31 Oktober 2019 serta persiapan Musyawarah Wilayah Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) Provinsi Banten, FOPPSI Kota Serang dan Kabupaten Serang sepakat mengadakan agenda pertemuan melalui Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kualitas Data dan Peningkatan Mutu Pendidikan yang bertempat di Waruwangi, Padarincang pada tanggal 11-12 Oktober 2019.

Hal tersebut diungkapkan Ketua FOPPSI Kota Serang, Suherman, kepada awak media, pada Sabtu, (12/10/2019).

“Tempat ini dipilih selain sedang viral di social media sehingga membuat kami penasaran, juga karena eksotisme alamnya yang diharapkan mampu menghipnotis para operator dapodik untuk lebih semangat melakukan tugasnya,” ujarnya

Kegiatan rapat koordinasi di Waruwangi tersebut dihadiri perwakilan Tim Admin Dapodik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten dan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Muhammad Taqwim.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kegiatan yang diseleggarakan FOPPSI dan memaparkan tentang peranan penting operator dapodik sebagai jantung sekolah. Selain itu beliau menyampaikan juga beberapa informasi dan konfirmasinya terkait perkembangan tentang beberapa kebijakan diantaranya mengenai Surat Edaran No. 420/3775-Dindikbud/2019 yang dianggap telah gugur dengan sendirinya seraya respon dan konfirmasi yang telah di sampaikan oleh Gubernur Banten selaku Pejabat Pembina Kepegawaian.

Untuk langkah menuju tertib administrasi pendataan pendidik dan tenaga kependidikan, sedang diupayakan pendataan ulang guru dan tenaga kependidikan oleh Dindikbud Provinsi Banten melalui Kantor Cabang Dinas di wilayah masing-masing.

Baca Juga:  Teguh Pati Aji Sayangkan Aksi Masa Yang Sporadis

Taqwim juga berpesan agar menyampaikan kepada masing-masing guru di sekolah agar update terus aplikasi SIMPKB nya dalam rangka pengembangan kepofesian.

Menanggapi sambutan dari Kabid tersebut, Rohmat selaku Ketua FOPPSI Provinsi Banten turut mengapresiasi dan mendukung segala kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten selama kebijakan tersebut maslahat dan bermanfaat untuk dunia pendidikan di Banten.

Untuk acara inti dipaparkan masing-masing mengenai Progress sinkronisasi dapodik khususnya untuk Kota Serang dan Kabupaten Serang, kemudian verifikasi dan validasi data peserta didik serta penyampaian teknis aplikasi pemetaan mutu pendidikan secara daring oleh fasilitator yang merupakan ketua FOPPSI Kabupaten Serang,

selain itu operator dapodik yang tergabung di FOPPSI juga mendapatkan pembekalan khusus materi video confrence melalui aplikasi webex yang di paparkan oleh Syafrizal yang merupakan Dewan Penasehat FOPPSI Provinsi Banten sekaligus staff di Direktorat Tendik Kemendikbud.

Dalam kesempatan lain Rohmat mempertegas bahwa FOPPSI akan selalu memberikan manfaat baik untuk operator dapodik.

“Pokoknya semua coba kita fasilitasi,” katanya.

Walau demikian acara seperti ini akan tetap terus di selenggarakan oleh FOPPSI Banten mengingat banyaknya agenda pendataan dalam aplikasi dapodik yang mebutuhkan ruang bersama untuk berdiskusi dan saling bertukar informasi seputar pendataan pendidikan.[Red/Setiadi]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *