By | 19 Agustus 2018

patron.id – Pandeglang, Warga Ujung Kulon yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ujung Kulon menggelar aksi bersih-bersih sampah di kawasan pulau Oar, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Minggu (19/8), Aksi bersih-bersih sampah dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI 73 dengan tema Pantai Merdeka Dari Sampah.

Ketua Pokdarwis Ujung Kulon, Hudan Zulkarnaen menjelaskan aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai tersebut bukan sekali dilakukan. Sebelumnya, pihaknya sudah lebih dulu melalukan aksi serupa yang bertepatan dengan hari peduli sampah nasional. “Ini kegiatan bersih-bersih pulau yang ke dua, yang sebelumnya dilaksanakan bertepatan dengan hari peduli sampah nasional,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, Hudan, panggilan akrabnya, mengajak wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Pulau Oar untuk ikut berpartisipasi membersihkan salah satu destinasi wisata favorit Ujung Kulon tersebut.

“Sengaja kita ajak untuk menyadarkan semua bahwa warga asing juga peduli dengan sampah, masa kita warga sendiri, tanah kita sendiri, engga peduli, malu dong sama mereka,” terangnya.

Upaya Pokdarwis Ujung Kulon terhadap ajakan wisatawan mancanegara pun berbuah hasil. Wisatawan mancanegara asal Perancis rupanya tergerak untuk ikut serta memungut sampah di kawasan Pulau Oar.

Hudan berharap melalui kegiatan ini pemerintah setempat lebih sadar dan bisa menyiapkan fasilitas tempat pembuangan sampah di sekitar Sumur. Karena saat ini, masyarakat bingung harus buang kemana. Selain itu, ia juga berharap bisa membuka mata bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, agar lebih memperhatikan kebersihan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga:  Terpilih Secara Aklamasi, Hendra Wibowo Nahkodai DPP Maping

“Melalui momentum kemerdekaan ini, kami berharap tempat-tempat wisata di Ujung Kulon bisa merdeka atau terbebas dari sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Sispala SMK 6 Pandeglang, Andi Muhammad menyambut baik aksi bersih-bersih yang digerakkan Pokdarwis Ujung Kulon. Ia bahkan turut memberikan harapn kepada pemerintah agar ada sistem pengelolaan yang baik di pulau-pulau di Ujung Kulon.

“Semoga pemerintah bisa mengelola Pulau Oar dengan baik, karena masyarakat sekitar juga masih ada pengangguran, setidaknya dari pengelolaan itu bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakatnya,” kata Andi.

Selain itu, ia juga menegaskan, pemerintah dalam hal ini harus tegas memberikan sanksi bagi wisatawan lokal atau mancanegara yang membuang sampah sembarangan di tempat-tempat wisata.

“Supaya tidak buang sampah sembarangan harus ada sanksi, kalau ketahuan sanksi agar wisatawan disiplin, baik wisatawan lokal dan asing, terutama sampah palstik dan botol,” pungkasnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *