By | 16 Mei 2019

patron.id – Tangerang Selatan, Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI) Pengurus Perguruan Tinggi (PPT) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan diskusi sebagai persiapan peringatan hari buku nasional yang diselenggarakan pada 17 April 2019, di Lobby Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK), UIN Ciputat, Kamis, (16/5/2019)

Siska Irma Diana, Sekretaris Umum PPT IMIKI UIN Jakarta, Pemantik Diskusi menjelaskan, bahwa kondisi minat baca di Indonesia saat ini cukup rendah. Berdasarkan Studi “Most Literred Nation in the word” pada Tahun 2016, Indonesia berada diurutan ke 60 dari 61 Negara terkait minat baca.

Sementara itu Aji Nur Hidayat, Ketua PPT IMIKI UIN Jakarta memaparkan minimnya minat baca disebabkan oleh beberapa sebab.

“Minimnya minat baca dipengaruhi oleh beberapa sebab, salah satunya karena kemajuan tekonologi yang semakin cepat. Sehingga manusia dapat lebih cepat mendapatkan informasi dalam hitungan detik, dibanding dengan harus membaca buku, dimana mereka harus mencari judul yang sesuai untuk mendapatkan informasi, belum lagi minimnya orang-orang yang membaca buku, mereka lebih banyak bermain gadget dibandingkan dengan membaca buku,” papar Aji.

Baca Juga:  Mahasiswa KKM 14 Uniba Bersama Warga Lawaan DBD

Masih dalam forum yang sama, Aji memaparkan lebih jauh terkait Peringatan Hari Buku Nasional yang merupakan momentum untuk memupuk masyarakat agar meningkatkan minat baca.

“Dalam peringatan hari buku nasional 2019, tugas untuk memupuk masyarakat agar mau membaca buku adalah tigas kita bersama. Dapat dimulai dari sendiri yaitu dengan menantang diri untuk membaca buku,” pungkasnya. [Red/Renna]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *