By | 24 September 2020

patron.id – Serang, TIM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Serang melaksanakan Sosialisasi Pengaruh Stunting Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini yang dilaksanakan di TK.Lab. School UPI Kampus Serang pada, Selasa (22/9) sampai dengan Rabu (23/9/2020).

Ketua Pelaksana kegiatan, Deni Widjayatri menuturkan alasan diselenggarakannya kegiataan tersebut lantaran anak mengalami stunting atau tidak seimbangnya gizi bagi tumbuh, kembangnya seorang anak.

“Kegiatan ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya anak TK yang membawa makanan ringan dengan MSG sebagai bekal ke sekolah dan salahsatu dari yang menyebabkan anak mengalami stunting adalah dari tidak seimbangnya gizi. Tentu hal tersebut menjadi perhatian bagi TIM PKM untuk mengedukasi para orang tua anak melalui kegiatan sosialisasi tersebut. Dengan harapan semoga para orang tua tertarik dan berminat kedepannya untuk menyiapkan bekal sehat dan menarik bagi anak.” Ucapnya pada Rabu, (23/9/2020).

Ia juga memaparkan terkait permasalahan stunting yang bisa mengganggu perkembangan setiap anak.

“Apa itu Stunting? Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. UNICEF mendefinisikan stunting sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis) diukur dari standar pertumbuhan anak keluaran WHO.” Paparnya

Baca Juga:  Desa Geresik Kuningan Dinobatkan Sebagai Desa Tangguh Nusantara

Narasumber kegiatan sosialisasi tentang stunting Yulianti Fitriani, menyampaikan upaya preventif dari stunting adalah memberikan edukasi kepada para orang tua terkait pemberikan gizi yang seimbang bagi anak.

“Pemberian ASI ekslusif bagi anak minimal enam bulan dan kolaborasi dari pihak pemerintah, akademis dan kesehatan untuk terus mengedukasi masyarakat terkait pentingnya pencegahan stunting pada anak sedini mungkin.” ucapnya saat sosialisasi berlangsung

Dalam pantauan jurnalis patron.id kegiatan tersebut melibatkan para orang tua dalam sosialisasinya, menerima materi dan pemaparan dari narasumber, praktik pembuatan bekal sehat untuk anak dengan bahan-bahan penuh serat dan aman yang menarik bagi anak, serta pengukuran berat badan dan tinggi anak sebagai langkah pengecekan dan pencegahan adanya anak yang mengalami stunting.

Untuk diketahui Tim pelaksana PKM ini terdiri dari tiga orang Dosen Prodi PGPUD UPI Kampus Serang, dua orang tim pengajar TK. Lab. School UPI Kampus Serang, dan empat orang Mahasiswa PGPAUD UPI Kampus Serang. [Red/LE-Roy]

Bagikan: