By | 19 Mei 2020

Oleh : Siti Fatihat

Kerabat patron.id yang budiman dewasa ini Penyebaran pandemik corona virus disease (Covid-19) menjadi kekhawatiran dan kegelisahan banyak orang, khususnya di Indonesia.

Meskipun pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, Namun peran kaum muda untuk aktif memastikan kesehatan masyarakat itu sangat penting.

Kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif untuk memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Bagi tenaga medis, tentunya peran yang dilakukan adalah menolong pasien di Rumah sakit, klinik dan tempat medis lainnya.

Tenaga medis sudah pasti juga mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya untuk melawan penyebaran  penyebab Covid-19.

Tidak hanya tenaga medis, dalam urusan melawan Covid-19, tentulah masyarakat juga memiliki peran yang sangat penting.

Dalam hal ini peran yang harus dilakukan masyarakat adalah dengan mentaati peraturan pemerintah mulai dari penerapan protokol kesehatan hingga mematuhi anjuran pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), rantai penularan Covid-19 bisa diputus.

Baca Juga:  Pemuda Cikeusik Pandeglang Kompak Melawan Covid-19

Peran masyarakat ini menjadi paling penting karena berada di garda paling depan.

Bertambahnya kasus positif Covid-19 tergantung dari masyarakatnya apakah bersedia memainkan perannya dengan baik atau tidak, Sedangkan peran Dokter menjadi garda terkahir dengan kapasitas dan perannya sebagai tenaga medis.

Pengertiannya masyarakat harus bisa disehatkan sehingga Dokter dapat diselamatkan.

Lalu bagaimana peran kaum muda melawan Covid-19?

Dengan adanya pemuda menjadi penggerak Social Distancing, saling menguatkan dengan menjalin komunikasi melalui digital, dan alihkan budget jalan jalan untuk bersedekah agar lebih bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana tanggapan anda kerabat patron.id yang budiman?

Pada akhirnya penulis hanya berharap Semoga keadaan seperti ini kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT, dan semoga penyebaran ini dapat segera diakhiri, Aamiin.

Conveyor Of Public Opinion merupakan
Mahasiswa Aktif Universitas Islam Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *