By | 12 Agustus 2018

patron.id – Pengurus Perguruan Tinggi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia Pengurus Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri (PPT IMIKI UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Syarif Hidayatullah mengadakan safari literasi, Minggu (12/8), di kantor Desa Kutamekar Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor.

Ketua IMIKI UIN Syarif Hidayatullah, Andika Chastianto menjelaskan kegiatan ini perlu dilakukan karena hal ini bagian terpenting mahasiswa jurusan ilmu komunikasi dalam menyebarluaskan makna literasi media bagi masyarakat, terutama bagi orangtua, dalam memilih tayangan atau informasi yang disebar oleh media massa. “Literasi media ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat agar mampu memilah media, mana yg baik dan mana yang buruk,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini didominasi kaum ibu-ibu. Bagi Andika, ibu-ibu sebagai orangtua yang selalu standby di rumah punya peran penting dalam mendampingi anaknya terkait tayangan yang ditonton, terutama televisi.

Baca Juga:  Antusias Peserta Diklat dalam Diskusi Analisis Wacana Media

Seminar safari literasi ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan organisasi eksternal kampus tersebut. Sebelumnya dilakukan di Desa Buaran Bambu Kabupaten Tangerang, Banten. Sehingga disambut antusias para peserta yang didominasi ibu-ibu dari kelompok pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) Desa Kutamekar.

Hal senada juga diungkapkan Ketua KKN Kelompok 107 UIN Syarif Hidayatullah, Faqihuddin. Ia mengatakan media literasi sangat mendukung bagi warga sekitar dan berharap agar masyarakat memahami pentingnya berliterasi. “Alhamdulillah berjalan dengan baik. Warga pun antusias dan memahami materi yang disampaikan,” katanya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *