By | 21 April 2020

Oleh: Neng Yayu Padaniah

Dewasa ini Dunia pendidikan memasuki era dimana media pembelajaran sangat diperlukan, dan menuntut untuk dikuranginya metode ceramah karena hal ini relevan dengan kebijakan kurikulum yang digunakan saat ini, yakni menuntut bagaimana peserta didik dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar (tidak menggunakan metode ceramah tetapi discussion groups).

Maka dari hal tersebut perlu adanya kemampuan personal seorang pendidik dalam hal menciptakan media pembelajaran, karena Media pembelajaran merupakan penunjang dalam kegiatan belajar mengajar, media pembelajaran dilakukan serta memperhatikan bagaimana kondisi tempat belajar dan kondisi peserta didiknya oleh seorang pendidik agar suasana di kelas menjadi hidup dan antusias peserta didik untuk mengikuti kegiatan belajar semakin aktif.

Berikut Fungsi dan Manfaat Media :

1. Sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif
2. Sebagai salah satu komponen yang saling berhubungan dengan komponen lainnya dalam rangka menciptakan situasi belajar yang diharapkan
3. Mempercepat proses belajar
4. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
5. Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme

Arus modernisasi pada saat ini tidak mungkin kita hindari karena  perubahan tersebut terjadi atau bisa disebut dalam istilah sosiologi yakni perubahan revolusi, saat ini pelbagaihal sudah berbasis digital, atau dengan memanfaatkan basis internet untuk berbagai hal tak terkecuali dalam dunia pendidikan, Mengapa hal ini harus dilakukan? karena hal akan dapat mempermudah peserta didik mengakses berbagai informasi secara cepat dan praktis.

Penggunaan media berbasis internet dengan penggunaan layanan blog gratis, dalam pembelajaran bisa digunakan dengan dukungan laboratorium komputer dan fasilitas internet pada area sekolah memungkinkan bagi guru dan siswa untuk dapat lebih memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendapatkan informasi belajar melalui blog tersebut.

Ada banyak jejaring yang bisa dipergunakan secara Cuma-Cuma misalnya kita sebut saja Blogspot yang familiar karena bisa melakukan posting, sharing, dan sebagainya melalui website tersebut. Melalui blogspot ini peserta didik dapat menggunakannya dengan cara mencari berbagai informasi yang tersedia, Selain sebagai pengguna peserta didik dapat pula memanfaatkan media blogspot ini sebagai ajang kreatifitas dan menguji kemampuan “knowledge” dan “skills” mereka.

Selain itu Peserta didik dapat menuangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang menulis sehingga mereka dapat membuat sebuah karya tulis yang dapat dibaca dan dimanfaatkan pula oleh dirinya sendiri serta khalayak umum.
Mata pelajaran sosiologi merupakan mata pelajaran  yang interaktif, oleh karena itu jika pendidik hanya mengandalkan metode ceramah saja, mungkin proses pembelajaran akan terasa membosankan, akibatnya motivasi belajar siswa dapat menurun.

Baca Juga:  WH Jangan Melakukan Kebijakan Paradoks

Dengan adanya pengaruh teknologi dan internet pada saat ini pendidik diharuskan sudah melek teknologi agar pendidik dapat memanfaatkan pengaruh adanya penggunaan internet secara positif dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik dapat menggunakan media blogspot sebagai penunjang proses belajar mata pelajaran sosiologi agar kreativitas peserta didik dalam hal menulis dapat terlatih dengan baik karena memang mata pelajaran sosiologi mayoritas materinya berisi tulisan-tulisan yang harus dipahami oleh peserta didik.
Terpenting dengan seorang pendidik menciptakan media pembelajaran yang beragam maka motivasi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkat sehingga dapat mempengaruhi kualitas belajar.

Sebagai contohnya yaitu dalam lingkup sekolah:
Seorang pendidik (guru) memberikan tugas kepada peserta didiknya untuk membuat tulisan kemudian dipublish melalui blogspot. Pembuatan blogspot saat ini dianggap tidak terlalu rumit karena peserta didik cukup membuat blog pada akun google mereka. Isi dari blogspot tersebut tulisannya dapat berisikan salah satu materi sosiologi, baik itu tentang nilai dan norma, interaksi sosial, perubahan sosial, stratifikasi sosial, ketimpangan sosial dan lain-lain.

Kemudian peserta didik tersebut akan mencoba menjelaskan salah satu materi sosiologi dan mengasah keterampilan desain yang mereka miliki guna memperindah karya tulisan mereka.

Simpulan dari artikel yang Penulis buat yakni dunia pendidikan yang semakin maju menuntut proses pembelajaran menjadi lebih interaktif/student center. Dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik perlu adanya media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman yang ada, hal tersebut guna membangun minat peserta didik dalam proses pembelajaran.

Selain itu, hal tersebut dilakukan agar terjadinya kesesuaian antara dunia pendidikan, proses pembelajaran, media pembelajaran, dan juga perkembangan zaman yang mengalami perubahan secara cepat.

Terakhir Penulis haturkan terima kasih dan semoga artikel yang dibuat dapat bermanfaat bagi pembaca.

Penulis adalah  Neng Yayu Padaniah Mahasiswi Aktif Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan sosiologi, dan tulisan ini dibuat untuk pemenuhan kebutuhan tugas mata kuliah

Bagikan: