By | 3 September 2020

patron.id – Serang, Pemerintah Kota Serang meraih penghargaan Anugerah Aksara Pratama, Apresiasi Keaksaraan dan Literasi Tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Penghargaan ini diberikan dalam rangka mendukung Hari Aksara Internasional ke-56. Pada Kamis (3/8/2020).

Kota Serang menjadi satu dari tiga kabupaten/kota yang meraih penghargaan tersebut, diantaranya Kabupaten Situbondo (Jawa Timur), Kota Serang (Banten), dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Sumatera Selatan). Kategori Anugerah Aksara bagi Pemerintah Daerah dan Pegiat Pendidikan Keaksaraan.

Namun saat dikonfirmasi perihal tersebut, Walikota Serang Syafrudin mengatakan pihaknya belum mengetahui dan bahkan belum melakukan koordinasi dengan Kepala Dindikbud terkait penghargaan dari Kemendikbud.

“Saya belum koordinasi dengan Dindikbud soal penghargaan Anugerah Aksara Pratama dari Kemendikbud. Kalau tidak salah ada tiga kabupaten/kota termasuk Kota Serang, alhamdulillah. Tapi saya belum koordinasi dengan Kadindik soal penghargaanya seperti apa, saya belum tahu,” kata Syafrudin kepada patron.id usai menghadiri acara di salah satu kampus islam, pada Kamis (3/9/2020).

Baca Juga:  PMII Banten Siap Melawan Radikalisme

Meski demikian, ia tetap mengapresiasi langkah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) yang sudah berjuang dalam memberantas buta aksara sehingga membuahkan hasil.

“Ya ini salah satu prestasi yang sangat luar biasa, dari seluruh Indonesia, Kota Serang dapat anugerah itu. Jadi perlu diapresiasi kerja keras Dindikbud bersama jajarannya bahwa kita ini alhamdulillah dapat Anugerah Aksara Pratama untuk Pemerintah Kota Serang,” ujarnya.

Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) jatuh pada 8 September sejak ditetapkan oleh Unesco tahun 1965. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI setiap tahun menyelenggarakan peringatan HAI untuk meningkatkan komitmen pemerintah baik pusat maupun daerah serta pemangku kepentingan lainnya dalam penuntasan buta aksara di Indonesia. [Red/Roy]

Bagikan: