By | 24 Mei 2019

patron.idSerang, Pemerintahan Desa Margasari, selenggarakan pengajian pesantren kilat layaknya pondok pesantren di Balai Desa, Kampung Ragasauran Rt/W 01/02 Desa Margasari, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang – Banten, Rabu, (24/5/2019).

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, bagi umat muslim tentunya menjadi momentum tersendiri dimana pemeluknya melakukan berbagai kegiatan positif, seperti yang dilakukan di Desa margasari.

“Pengajian sudah berjalan dari malam kedua bulan puasa Ramadhan, kitab yang dikaji, kitab karangan ulama besar banten moroqil ubudiyah, salah satu disiplin ilmu akhlak, sarah kitab dari bidatul hidayah karangan imam gozali, dilanjutkan kitab saffinatunnajah, alhamdulillah sudah berjalan terus,” kata pria pemilik sapaan akrab kang Syarif.

Sarif Mulyana merupakan perangkat desa yang ditugasi sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat Desa Margasari. Dirinya senang karena antusias warga yang mengikuti kegiatan pengajian tersebut.

Ia menuturkan, kegiatan tersebut merupakan usulan langsung dari masyarakat juga para tokoh agama setempat yang menginginkan untuk diadakannya kegitan tersebut.

“Awalnya, ada kegiatan usulan dari masyarakat, dari tokoh agama, pengen mengadakan kegiatan pengajian bulanan, karena dirasa bagus dan setelah dilaksanakan peminatnya juga banyak, antusias warga juga bagus. Terus salah satu tokoh mengusulkan, pengen diadakan pengajian pasaran pesantren kilat ala-ala pesantren salafiyyah di Kantor Desa Margasari setiap malam selama bulan puasa,” tuturnya.

Ia bersyukur karena kegiatan keagamaan yang dibesut secara bersama-sama itu didukung oleh banyak tokoh dan disetujui juga oleh Kepala Desa. Bahkan Syarif mengatakan, Kepala Desa turut serta dalam kegiatan tersebut setiap malamnya, juga membantu memfasilitasi secara moril dan materil pada kegiatan tersebut.

Baca Juga:  GP Ansor Apresiasi Kebijakan Pembukaan Masjid Pasca PSBB Kabupaten Tangerang

“Alhamdulillah usulannya disetujui, pejabat Kepala Desa Margasari pak Agus Sufni. Ia sangat mendukung lah, karena beliau yang memfasilitasi secara semuanya lah, tempatnya beliau yg mengizinkan, beliau juga yang setiap malam ikut ngaji juga dan anggarannya di luar dari anggaran dana desa, ini murni sumber dananya dari beliau,” tukasnya.

Kang Syarif mengajak agar kegiatan pengajian tersebut tidak hanya dilakukan di Desa Margasari saja, tetapi bisa berlaku juga di desa-desa lainnya.

“Ajakan buat pemerintahan desa, khususnya se-Kabupaten Serang sekecamatan Pulo Ampel, umumnya se Indonesia lah, ini kegiatan baik selama ada niat baik dari kita dari masyarakat sekitar, kita laksanakan dengan penuh keikhlasan dengan mengharap ridho Allah,” ajaknya.

Ia berharap mampu menjadi inspirasi bagi desa lainnya.

“Harapan saya supaya bisa ngasih contoh yang baik buat generasi khususnya di wilayah lingkungan Margasari. Terutama para santri-santrinya yang sekarang bahwa ini para senior-seniornya lah orang tua tokoh2 agama ini masih mau belajar, disamping ada kesibukan banyak, tapi masih menyempatkan diri untuk bisa hadir dikegiatan pengajian ini,” harapnya. [Red/Imam]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *