By | 29 Juni 2019

patron.id – Serang, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Banten kembali adakan kegiatan GenBI Advanture Society (GAS) yang tengah berlangsung selama 2 hari, dimulai dari pagi hari ini hingga esok harinya. Setelah tahun lalu tidak sempat terlaksana, kini GAS diadakan kembali dengan konsep berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu mengambil lokasi dialam terbuka di Baduy Outbound, Baros – Serang, Sabtu (29/06).

Kegiatan yang mengusung tema Youth Enterprenure and Leadership tersebut sebagai pembekalan serta pembentukan karakter menjadi seorang enterpranure juga leadership kepada anggota baru GenBI.

“Selain kita menjadikan anggota ini menjadi seorang pemimpin, mereka juga harus bisa menjadi seorang enterprenure yang baiknya gimna. Jadi itu adalah nilai plus dari ini semua. Jadi kita tidak hanya tertuju dengan satu hal, tapi kita tertuju oleh banyak hal dan banyak aspek,” papar Ketua Pelaksana kegiatan GAS, Teguh Firmansyah.

Ketua Regional GenBI Banten, Maksus juga menjelaskan kegiatan GAS ini merupakan kegiatan yang penting untuk regenerasi GenBI, yang bertujuan untuk mempersiapkan anggota barunya menjadi kepengurusan ditahun depan.

“Inti acaranya ini sebenarnya sebagai pembekalan leadership untuk temen-temen GenBI semua, khususnya untuk angkatan yang masih baru. Dan itu buat persiapan mereka menjadi pengurus ditahun depan, dan semoga acara ini bisa ngasih bekal kemereka, kita juga proses memilah mereka. Kira-kira siapa yang potensial untuk menjadi leader berikutnya,” jelasnya.

Ada 70 anggota GenBI Banten sebagai peserta dalam kegiatan ini. Banyak dari mereka yang merasa puas dengan kegiatan GAS tersebut. Salah satunya Nira Rahma sebagai anggota GenBI yang baru bisa mengikuti kegiatan GAS pada tahun ini.

“Acaranya seru banget, salah satu yang menarik disini itu dari materinya, yang pertama itu ada materi kebangsentralan, terus kedua itu keGenBI’an kemudian tadi juga ada pertumbuhan ekonomi di Banten. Dan tadi itu ada materi yang lebih menarik lagi, yaitu materi tentang leadership dan komunikasi yang efektif, nah itu banyak games-games dan ngerasa peserta juga lebih semangat untuk mengikuti kegiatan ini dan juga banyak mendapatkan ilmu baru dan ngerasa gak bosen aja sih lebih santai,” ungkap Nira yang juga menjabat sebagai Sekertaris departemen hubungan masyarakat periode 2019-2020 GenBI Banten.

Baca Juga:  Antusiasme Peserta Ikuti Banten Creative Festifal 2018

Hal senada juga di ungkapkan oleh peserta lainnya, Adi Rahmawan anggota divisi publikasi. Ia berharap kegiatan seperti ini terus diadakan lagi tiap tahunnya agar para peserta bisa menerapkan kepemimpinannya ditempat lain.

Sementara itu, Asisten Manajer Fungsi Komunikasi Kordinasi Kebijakan BI Banten, Azhary Novi Sucipto menanggapi acara GAS tersebut. Ia mengatakan, pada kegiatan tersebut sengaja dibuat khusus tiap tahunnya untuk penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) melalui GenBI Banten agar mendapatkan bekal menjadi seorang pemimpin melalui capacity building.

Selain itu, Azhary menuturkan para anggota GenBI Banten juga berkewajiban memperkenalkan BI ke masyarakat luas terkait tugas-tugas juga kebijakan-kebijakannya.

“Kita proyeksikan GenBI itu menjadi corongnya Bank Indonesia. Selain sebagai penerima beasiswa, mereka juga berkewajiban sebagai corongnya Bank Indonesia untuk mensosialisasikan kemasyarakat tugas BI terus terkait kebijakan-kebijakan BI, jadi makanya tadi kita bekali juga selain dengan materi capacity building leadership, kita bekali juga sama masih terkait juga dengan tugas-tugas Bank Indonesia,” tutur Azari yang memiliki sapaan akrab Mas Opi.

“Kami juga ingin GenBI itu bukan cuma sekedar komunitas, gak cuma sekedar penerima beasiswa, kita pengen temen-temen GenBI itu jadi leader kedepan, entah leader didaerahnya leader nasional bahkan mungkin. Makanya kita selain ngasih uang bantuan untuk mereka dalam kegiatan perkuliahan ya kita juga bantu dari sisi capacity building membekali mereka ketika lulus mereka punya bekal, selain bekal akademik yang mereka terima dari universitas masing-masing,” pungkasnya. [Red/Renna]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *