By | 31 Juli 2018

patron.id – Pandeglang, Sebanyak 100 pelajar dan pemuda warga Desa Pandat Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang mengikuti penyuluhan tentang bahaya narkoba di SMK Manba’el Huda. Acara tersebut diselenggarakan oleh sejumlah mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Mahasiswa kelompok 19.

Ketua Kelompok KKM Anton mengungkapkan penyimpangan prilaku dan pergaulan bebas di kalangan anak muda merupakan akibat dari turunnya nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. “Tidak cuma itu, kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyalahgunaan narkoba,” kata Anton, saat dikonfirmasi lewat telepon genggamnya, Selasa (31/7).

Jika hal ini terus dibiarkan, lanjut Anton, maka generasi emas bangsa ini semakin hari akan semakin rapuh digerogoti oleh zat-zat adiktif penghancur syaraf yang mengakibatkan pemuda penerus bangsa ini tidak lagi dapat berfikir secara jernih.

Sebab sasaran dari penyebaran narkoba, kata Anton, adalah kaum muda dan remaja karena di usia tersebut merupakan usia yang sangat rentan, dimana mereka mencari jati diri dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. “Sehingga harapan bangsa yang ingin memiliki generasi muda yang tangguh dan cerdas pun tinggalah harapan,” tandasnya.

Baca Juga:  IMIKI Cabang Banten Peringati Milad Ke-21

Oleh karenanya melalui acara tersebut Anton berharap kepada generasi muda, terutama pelajar serta pemuda di lingkungan Desa Pandat, agar mampu menjauhi narkoba yang sangat membahayakan bagi mereka. “Ketika mereka (pelajar dan pemuda desa setempat) sudah paham akan bahaya narkoba, maka mereka bisa memeranginya dengan prestasi yang baik serta mampu bersaing di era modern saat ini,” tuturnya.

Sementara itu perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten turut hadir dalam acara tersebut. Ketua Satuan Tugas (Satgas) BNN Provinsi Banten Tb. Rahmat mengatakan pentingnya penanaman nilai-nilai sosial bagi generasi muda untuk mencegah terjadinya penurunan terhadap nilai-nilai sosial di lingkungan masyarakat. “Generasi muda harus bisa menanamkan nilai-nilai sosial dalam dirinya. Untuk itu saya sebagai narasumber dalam acara ini ingin bertatap muka langsung dengan para generasi muda serta sharing tentang pentingnya penananman nilai-nilai sosial,” pungkasnya

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *