By | 2 Oktober 2020

patron.idSerang, Sekitar 100 pegawai di kantor POS Indonesia Kota Serang kompak mengenakan baju motif batik di Hari Batik Nasional, yang berlokasi di Jl. Veteran No.3 Kawasan Alun-alun Timur Kota Serang, pada Jum’at (2/10/2020).

Manager Pelayanan Kantor POS Kota Serang Evni Rayati mengatakan seluruh pegawainya menggunakan pakaian tersebut sebagai bentuk penghormatan warisan budaya Indonesia. Selain itu, sebagai motivasi melestarikan budaya Indonesia dengan cara menggunakan pakaian batik.

“Karena menurut saya dengan menggunakan batik itu kan merupakan ciri khas budaya Indonesia,” kata Evni saat ditemui patron.id, di ruang kerjanya, Jum’at (2/10/2020).

Lanjut Evni, pemakaian baju bermotif batik tidak hanya sebatas mengingat sejarah bahwa batik warisan nasional yang dipakai setahun sekali. Namun juga batik menjadi kebanggaan untuk dipakai kapan saja dan dimana saja.

“Selain di tanggal 2 Oktober, setiap hari Jum’at kita diwajibkan pegawai berseragam batik. Jadi tidak hanya setahun sekali di moment hari batik nasional ini. Tapi selalu ada di setiap hari Jumat,” jelas dia.

Baca Juga:  Bupati Serang Ajak Seluruh Desa Ikuti LKBA

Hal ini sesuai arahan pimpinan perusahaan tersebut dimana seluruh pegawai Kantor Pos diwajibkan mengenakan baju batik seminggu sekali, tepatnya di hari Jumat. Jika melanggar akan dikenakan sanksi berupa teguran tertulis.

“Tahapannya teguran aja, teguran satu teguran dua. Tapi biasanya kalau sudah kena teguran mereka berseragam dan mereka sudah menyadari akan kewajiabannya dan sejauh ini belum ada yang kena teguran,” ujarnya.

Diketahui, Hari Batik Nasional diperingati setiap 2 Oktober sesuai yang ditetapkan UNESCO bahwa batik merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari Indonesia pada 2 Oktober 2009 lalu.

Hal tersebut juga didasari atas keputusan Presiden Republik Indonesia No.33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional, bahwa tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. [Red/Roy]

Bagikan: