By | 10 Juni 2018

Patron.id – Menyatuni anak yatim merupakan sikap yang disukai sang khalik, terlebih bagi umat muslim hal ini sangat dianjurkan. Seperti yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Perguruan Pencak Silat Golok Semar (Gomar) yang memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu sebanyak 41 orang, di lapangan Padepokan Gomar, Unyur, Kota Serang. (10/6)

Ketua Padepokan Gomar, Lamsir mengatakan bahwa santunan anak yatim-piatu ini perlu dilakukan secara bersama untuk menumbuhkan kekompakan dan kekuatan, baik di dalam padepokan maupun di lingkungan masyarakat. “Biasanya masyarakat di sini melakukan santuan itu sendiri-sendiri alias masing-masing. Oleh karena itu melalui Padepokan Gomar, kami merangkul para donatur untuk bersama-sama memberikan santunan kepada anak yatim sambil berbuka puasa bersama,” ujar Lamsir, di sela-sela acara.

Semakin banyak donatur, lanjut Lamsir, akan semakin banyak dukungan. Karena Lamsir mengakui keuangan di padepokan tidak mencukupi jika harus mengadakan acara tersebut.

Baca Juga:  Mahasiswa Unis Sambut Rombongan Long March Dari Serang

Penyerahan uang santunan dilakukan langsung oleh dewan penasehat, dewan guru, humas serta pelatih dari Padepokan Gomar.

Golok semar atau gomar merupakan salah satu jenis aliran pencak silat terumbu yang ada di Banten. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini merupakan silaturahmi serta bentuk upaya padepokan memberikan perhatian agar masyarakat tahu dan peduli terhadap keberadaan Padepokan Gomar. “Yuk kita bareng-bareng kerja bersama, seiring sejalan yang menjunjung tinggi semangat kebersamaan agar tidak ada kesalahpahaman,” ujar Lamsir.

Oleh karena itu Lamsir berharap Padepokan Gomar harus aktip dan selalu bergandengan dengan masyarakat. “Apapun yang terjadi, Padepokan Gomar harus terus berjalan dan akan membina masyarakat, karena kami berasal dari masyarakat,” ujarnya.

Selain memberikan santunan kepada anak yatim-piatu, acara tersebut diselingi siraman rohani dan ceramah sambil menunggu buka puasa. [red/IV]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *