By | 29 Januari 2020

patron.id – Klaten, Lembaga Bantuan Hukum Tridharma Indonesia (LBH TI) melakukan pendampingan Hukum terhadap Masyarakat Desa Bawukan, Kecamata Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa tengah.

Dalam prosesnya bahwa yang dilakukan oleh LBH TI sebagai penerima Kuasa Khusus dari FMPB (Forum Masyarakat Peduli Bawukan) terkait pengembalian Tanah Kas Desa.

Bambang Ferdiansyah Selaku tim Kuasa Hukum LBH TI Menjelaskan Ia akan berusaha mengembalikan Tanah Kas Desa.

“Kami sebagai penerima kuasa dari Masyarakat akan berupaya mengembalikan tanah kas Desa Bawukan untuk dikembalikan kembali ke Kas Desa, karena jelas bahwa tanah Kas Desa menurut UU Nomor 6 Tahu 2014 Tentang Desa tidak boleh diperjual belikan tanpa ada persetujuan masyarakat.” Tuturnya.

Ia juga memaparkan asal-usul Tanah Kas Desa tersebut.

“Tanah Kas Desa dulunya adalah Tanah negara yang dimana termasuk dalam Kawasan Hutan yang secara pengelolaan dan Peng-Administrasian ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam hal ini Dinas Kehutanan Atau sebutan lain yang berada di Daerah Kabupaten, Kota, Provinsi.”

Baca Juga:  Satgas Dana Desa, Tuntaskan Persoalan Di Kabupaten Serang

Ia juga menegaskan bahwa Ia mendatangi beberapa Dinas terkait mencari penjelasan Riwayat tanah.

“Hari ini mendatangi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Klaten adalah bertujuan untuk meminta keterangan dan meminta Risalah atau Riwayat tanah yang dahulunya tanah kehutanan yang menjadi tanah Kas Desa, sehingga semuanya bisa menjadi terang benderang karena jelas diatur dalam UU No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Bahwa mengatur setiap Warga negara diperbolehkan untuk melihat dan mengetahui informasi secara utuh yang sifatnya untuk Publik.” Tegasnya. [Red/Aldi]

Bagikan: