By | 6 November 2018

patron.id – Serang, Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Senat Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten menggelar sosialisasi kode etik Mahasiswa di Aula Sjadzeli Hasan Lt.1, Selasa (6/11).

Acara ini digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran pemahaman mahasiswa terhadap kode etik khususnya yang ada di Fakultas Syariah tersebut.

Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Syariah UIN SMH Banten, Hikmatullah mengatakan kesadaran mahasiswa terhadap kode etik masih kurang. Hal itu ditandai adanya sikap mahasiswa yang belum mengetahui tentang keberadaan kode etik tersebut sehingga mahasiswa tidak bisa mengimplementasikan di ruang lingkup kampus.

Tidak hanya dari pihak mahasiswa, Hikmatullah juga mengungkapkan bahwa kurangnya sosialisasi terhadap kode etik dari pihak yang berwewenang juga menjadi indikasi. “Kita tahu di Fakultas Syariah ini memang sudah ada kode etik dan mungkin di universitas lainpun sudah ada, akan tetapi kesadaran yang ada di Fakultas Syariah ini masih kurang sehingga kita perlu mengadakan sosialisasi ini,” kata Hikmattlullah, saat ditemui di sela-sela acara.

Baca Juga:  RTAR dan Santunan PMII Al-khariyah

Seperti diketahui, kode etik mahasiswa mencakup ruang lingkup kehidupan di kampus, terutama di Fakultas Syariah, seperti sikap saling menghargai dan menghormati sesama mahasiswa. Serta beberapa anjuran dan larangan bagi mahasiswa demi terciptanya situasi yg nyaman, aman dan tentram di lingkungan kampus. “Resiko bagi mahasiswa yang melanggar kode etik, pertama akan kena teguran serta pemanggilan sampai pada pemberhentian,” ujarnya.

Oleh karena itu ia berharap mahasiswa Fakultas Syariah agar lebih menjunjung tinggi kode etik yang berlaku sehingga terciptanya kondusifitas serta kenyamanan untuk publik dan sesama mahasiswa nyaman selama kegiatan belajar.

Pada kesempatan tersebut, ratusan mahasiswa hadir serta antusias menyimak materi yang disampaikan narasumber. Peserta yg mengikuti sosialisasi ini diharapkan menjadi mahasiswa pelopor kode etik mahasiswa sebagai bentuk dukungan dari berbagai pihak atau elemen demi mewujudkan kampus yang kondusif dan nyaman. [Red/Ab]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *