By | 2 Juni 2020

patron.id – Serang, Jumlah pasien sembuh dari virus corona disease (Covid-19) di Kota Serang bertambah.

Berdasarkan data dari Tim gugus tugas Covid-19 Kota Serang, ada tiga pasien positif virus korona berinisial A (41), K (37) dan LM (20) dinyatakan sembuh dalam kurun waktu 26-30 Mei. Dengan demikian jumlah pasien yang sembuh akibat virus korona menjadi tujuh orang. Adapun pasien yang dirawat masih tiga orang, dan meninggal satu orang. Kota Serang pun mencatat rekor kesembuhan pasien Covid-19 pada minggu lalu.

Juru bicara penanganan Covid-19 Kota Serang W. Hari Pamungkas mengatakan, A yang merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Kelurahan Banjarsari dinyatakan sembuh pada Selasa (26/5/2020) lalu.

“Pasien A itu yang dari Mayabon. Dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab terbaru keluar pada Selasa yang lalu,” ungkap Hari, kepada wartawan, pada Senin 2020/2020).

Dia menjelaskan, A memang tidak memiliki riwayat bepergian karena aktifitas hanya sebagai IRT saja. Sehingga ada kemungkinan terpapar dari keluarga dekatnya.

“Makanya saya berpesan kepada masyarakat Kota Serang yang bekerja di luar kota, agar tetap menerapkan protokol kesehatan ketika masuk rumah. Baju dan sama barang lainnya segera dibersihkan agar tidak tertular ke keluarga inti lainnya,” ujar dia.

Untuk pasien K, sambung Hari, yang merupakan warga Ciracas Kelurahan Serang dinyatakan sembuh pada Kamis (28/5/2020) yang lalu. K merupakan salah satu pasien yang terkonfirmasi positif dari klaster PT PEMI.

Baca Juga:  Ombudsman Banten Sarankan Pemda Untuk Merangkul Media Guna Penyebaran Informasi

“Saudara K yang merupakan pegawai PT PEMI dinyatakan sembuh pada Kamis lalu. Jadi hasil swab kedua menyatakan bahwa beliau sudah negatif Covid-19,” tuturnya.

Dia menyebutkan, K kembali diambil tes swab pada saat dirinya dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (1202/2020). Hasil swab kedua ternyata menyatakan K negatif Covid-19.

“Jadi setelah dinyatakan positif, saudara K itu langsung kembali tes swab. Nah hasil yang kedua kalinya itu dinyatakan negatif atau sembuh,” jelas Hari.

Terpisah, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi (Surimun) Dinkes Kota Serang, Nurbaeti, mengatakan bahwa pasien terakhir yang dinyatakan sembuh yakni LM yang juga merupakan pasien positif dari klaster PT PEMI

“Sebelumnya dirawat di RS Pluit Jakarta, sekarang sudah pulang ke rumahnya karena dinyatakan sembuh pada Sabtu (30/5) kemarin,” ucap Nurbaeti, kepada awak media.

LM dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil pemeriksaan Swabnya menunjukan hasil negatif.

“Setelah dikarantina 1 minggu (di RS Pluit) dilakukan kembali pemeriksaan Swab hasilnya negatif, tetapi masih dikarantina. Kemudian dilakukan pemeriksaan swab lagi hasilnya negatif juga sehingga dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Ketiga pasien yang telah dinyatakan sembuh, masing-masing menjalani isolasi mandiri untuk 14 hari ke depan,” Pungkasnya. [Red/Royadi]

Bagikan: