By | 14 November 2018

patron.id – Serang, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Provinsi Banten, Resmikan Program Terapan Penyulingan Air Sederhana dengan Tema “Dengan Air Bersih Hidup pun Sehat” di Jl.Ciptayasa, KM.9, Desa Pulo Kencana, Pontang, Kabupaten Serang, Rabu, (14/11).

Deni Legawa, Ketua GenBI wilayah Banten menjelaskan, berdasarkan assessment, tempat yang paling banyak menggunakan air sungai di daerah tersebut, Hasil uji coba laboratorium Untirta air di daerah tersebut mengadung kadar besi, racun, dan sangat urgent untuk di Banten.

“Sebetulnya Kami coba aplikasikan Ilmu yang kami punya, di Kampus, ya kan di Untirta Ada Teknik, Pertanian dan lain-lain, termasuk bagian dari GenBI, Ilmunya itu tentang Air, itu pengen kami aplikasikan di Masyarakat yang paling sederhana yang dibutuhkan yaitu daerah Pontang, Air bersih, makanya kami bikin alat penyulingan sederhana, dan ini baru satu titik kalo ini berhasil Insyaallah akan kami buat lagi di beberapa titik.” Ungkapnya disela peresmian.

Ia menambahkan, agar apa yang sudah diupayakan GenBI agar dijaga, karena akan menjadi sia-sia jika tidak dijaga, dan warga bisa beralih dari menggunakan air sungai yang kotor menjadi air yang bersih.

Baca Juga:  Berubah Status, Sekolah Tatap Muka di Serang Distop

“Alat yang kami berikan sebetulnya bisa direplikasi, karena kami juga sudah memberikan edukasi selama satu minggu, dan BI juga sangat support untuk kegiatan ini, bahkan menambahkah anggaran khusus untuk anggaran penyulingan air ini, karena berhasil dan tepat sasaran.” Tambahnya.

Sementara itu Muhlison Sekretaris Desa Pulo Kencana menegaskan, pihaknya merasa sangat terbantu, dan berharap agar Masyarakat bisa menjaga alat yang sudah diberikan oleh GenBI, karena bantuan yang sudah diberikan menjadi tanggungjawab bersama.

Alhamdulillah sangat terbantu sekali dengan adanya program penyulingan air bersih ini walaupun dasarnya airnya dari sungai, tapi kan artinya dengan adanya penyulingan jadi lebih layak, sedari awal air memang masalah besar di Desa kami, jadi dengan adanya bantuan ini walaupun sederhana besar manfaatnya, kepada GenBI setelah memberikan ini, kita minta ketika ada waktu luang kesini untuk memantau dan memberikan masukan-masukan kepada kita,” Pungkasnya.[Red/Imam]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *