By | 27 Juli 2020

patron.id – Serang, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang W. Hari Pamungkas mengakui ketersediaan jaringan internet di Kota Serang belum merata. Hal ini disampaikan Hari Pamungkas saat Diskominfo menerima keluhan dari pengurus Ikatan Pelajar Nadhaltul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nadhlatul Ulama (IPPNU) Kota Serang terkait jaringan internet di Kota Serang belum merata.

“Kurang lebih ada tiga titik yang memang blank spot di Kota Serang ini, misalnya di Kecamatan Taktakan Kelurahan Cilowong,” kata Hari, saat ditemui wartawan patron.id, di ruang kerjanya, Pada Senin (27/7/2020).

Blank spot merupakan kondisi dimana suatu tempat, lokasi atau wilayah tidak tersentuh oleh sinyal komunikasi. Baik untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital seperti jaringan internet.

Hari menjelaskan, terjadinya blank spot di Kelurahan Cilowong diakibatkan daerah tersebut merupakan dataran tinggi dan kontur tanah miring. Artinya tower sinyal harus berdiri di tanah yang datar.

“Jadi semua provider ga bisa akses, masyarakat juga ga bisa akses,” terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada pihak provider, baik XL maupun telkomsel, mampu menfasilitasi jaringan internet di daerah yang belum terjangkau sinyal melalui pembangunan tower.

Baca Juga:  Kader PMII Babunajah Siap Warnai BPD Cilaban Bulan

“Mereka juga harus membantu bagaimana menghilangkan blank spot yang ada di Kota Serang ini. Mau tidak mau seluruh provider tersebut harus bergabung untuk menyiapkan infrastruktur di situ sehingga masyarakat bisa terlayani melalui internet maupun sinyal handphone, bukan hanya untuk data maupun komunikasi saja,” harap dia.

Sementara ini Diskominfo Kota Serang sedang fokus melakukan pemerataan terkait jaringan internet sebanyak 104 titik, 33 OPD (Oganisasi Perangkat Daerah), 67 kelurahan dan 4 UPTD (unit pelaksanaan teknis daerah). Hal itu dilakukan agar pelayanan masyarakat bisa berjalan lancar.

“Tentunya jaringan infrastruktur ini merupakan tolls kami dalam mengembangkan teknologi informasi yang ada di Kota Serang, sebelum melangkah lebih jauh untuk melayani masyarakat terkait kebutuhan internet positif di masyarakat,” sebut Hari.

Bahkan, Diskominfo Kota Serang berencana menyediakan spot-spot wifi gratis kepada masyarakat di tingkat kecamatan. Namun jaringan internet tersebut harus berada di ruang publik sebagai pusat aktivitas masyarakat kecamatan.

“Internet kepada masyarakat nanti akan kami lakukan setelah pembangunan ruang publik, contohnya di alun-alun kecamatan. Kami menyiapkan spot-spot wifi gratis untuk seluruh masyarakat. Tentunya wifi gratis ini harus di tempat publik, nah tempatnya ini harus disiapkan,” katanya. [Red/Roy]

Bagikan: