By | 17 September 2020

patron.id – Serang, Beberapa kios pedagang di Pasar Induk Rau banyak yang tutup akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak diberlakukan Pemerintah Kota Serang per 10 September lalu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Induk Rau Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdaginkop dan UKM) Kota Serang Muhammad Zen mengatakan sekitar 10 sampai 15 kios banyak yang tutup terutama kios pakaian di lantai dasar.

“Cuma memang di (toko) kain atau pakaian memang agak berkurang karena sebelum Covid-19 juga mereka mengeluh online ditambah Covid-19,” kata Zen, kepada awak media, pada Kamis (17/9/2020).

Hal ini disebabkan adanya pedagang pakaian online ditambah situasi pandemi Covid-19 serta adanya penerapan PSBB yang dampak mencapai 10 persen.

“Kalau untuk keluhannya di (toko) kain-kain itu sekitar 10 persen, karena memang saya lihat juga ada beberapa toko yang tutup,” kata dia.

Belum lagi jumlah pengunjung sudah mulai berkurang sejak wabah pandemi Covid-19 masuk ke Indonesi pada Maret 2020 lalu.

Baca Juga:  GP Ansor Banten Ajak Ormas Harus Bisa Memberdayakan Kader

“Kalau pengunjung memang agak berkurang, dari bulan tiga bulan Maret itu sudah agak berkurang. Tapi kalau untuk di (kios) sayur mayur masih relatif normal,” ungkap Zen.

Untuk mencegah penyebaran virus korona di Kota Serang, dikatakan Zen, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pamilik kios agar selalu menggunakan masker dan jaga jarak.

Selain itu, menyebarkan 4 titik tempat check point, menfasilitasi sebanyak 8 wetafel serta 12 wetafel di depan tolilet umum, dan penyemprotan disinfektan di tiap kios. Jika melanggar, maka para pedagang maupun pengunjung akan dipulangkan.

“Di awal-awal juga memang sudah ada yang dipulangkan. Di awal-awal itu kami check point, kami ukur suhu badannya, kami masukan kamar/ bilik disinfektan, kalau memang di atas 37 derajat kami pulangkan,” paparnya.

Bahkan, para pedagang kios dihimbau untuk menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer. [Red/Roy]

Bagikan: