By | 19 Januari 2019

patron.id –  Pandeglang, Pengurus Perguruan Tinggi Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (PPT IMIKI Untrita) bekerjasama dengan peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Mandiri Desa Kadubale menggelar literasi media di Balai Desa Kadubale, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (19/01/2019).

Puluhan peserta dari kalangan ibu-ibu dan anak-anak usia sekolah dasar (SD) begitu antusias mengikuti literasi media bertajuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pengembangan Pertanian di Era Revolusi Industri 4.0.

Ketua Kelompok KKM Mandiri Desa Kadubale, Ahmad Bayhaqi, mengungkapkan bahwa kedatangannya di desa tersebut membawa hal positif kepada para orangtua dan anak-anak. Bahkan ia menilai anak-anak Desa Kadubale sangat proaktif dalam menyikapi media sosial yang mereka gunakan di era digitalisasi ini.

“Positif banget IMIKI ini, karna emang buat di Desa Kadubale itu agak gimana ya, ketinggalan jaman gitu buat sosial media. Baru tau aplikasi kayak whatsapp (WA) tapi mereka belum merambah ke e-commerce. Baiknya mungkin ke depannya bisa sebagai bekal untuk pemasaran online para ibu-ibu. Dan pemaparan hoax cukup positif buat ibu-ibu ya.” ungkapnya, melalui rilis yang diterima patron.id.

Ia menambahkan bahwa di era digitalisasi ini perlu dilakukannya literasi media dengan terpaan informasi yang bertubi-tubi datang melalui media sosial sudah seharusnya masyarakat bisa membedakan mana informasi yang dapat dikonsumsi dengan baik, juga membedakan mana informasi yang perlu diabaikan.

Baca Juga:  Ibnu Dan Belma Terpilih Sebagai BEM-U Untirta

“Sudah seharusnya masyarakat bisa membedakan informasi yang layak dikonsumsi, mana yang baik dan mana yang buruk.” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua PPT IMIKI Untirta, Desvan Verdiansya, mengatakan bahwa pihaknya merasa senang bisa berbagi informasi terkait literasi media kepada masyarakat Desa Kadubale. Hal itu ditandai dengan antusiasme warga saat menyimak pemaparan materi literasi media.

“Literasi media yang kami adakan ini sudah kesekian kalinya berada di Pandeglang. Kami sangat senang bisa berbagi pengetahuan seputar literasi media kepada masyarakat, baik itu dari kalangan anak-anak maupun orangtua. Dan untuk literasi media yang hari ini kami sampaikan, komunikan sangat aktif dan responsif menanggapi isu yang sering mereka jumpai.” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya menyadari akan pentingnya memberikan pemahaman terkait literasi media kepada masyarakat, khususnya di pedesaan, agar mereka bisa lebih bijak memilah informasi yang diperoleh.

Perlu diketahui, sampai saat ini, PPT IMIKI Untirta sudah mengadakan sosialisasi terkait literasi media di beberapa titik daerah selama Januari yaitu di Mandalawangi, Curug dan Taktakan. [Red/Royadi]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *