By | 13 Juni 2018

patron.id – Cilegon, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Banten turut andil dalam menangani arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak. Hal itu dilakukan Basarnas Provinsi Banten agar para pemudik bisa merasakan keamanan selama berada di kapal. “Kita menyiagakan personil-personil terbaik dengan harapan jika terjadi insiden betul-betul bisa merespon dengan cepat. Ini bentuk perhatian Basarnas terhadap arus mudik tahun ini,” ujar Kepala Kantor Basarnas Provinsi Banten Muhammad Zainal Arifin, saat ditemui patron.id, di Posko Basarnas Provinsi Banten di dermaga 6 Kawasan Pelabuhan Merak, Rabu (13/6).

Menurut Zainal, penanganan keamanan arus mudik yang dilakukan Basarnas Provinsi Banten terbagi dua bagian, diantaranya jalur laut dan udara. Untuk jalur laut, lanjut Zainal, Basarnas Provinsi Banten menyediakan 4 kapal, salah satu di antaranya KN SAR Basudewa dan KN Rupada. Sementara di jalur udara, Basarnas Provinsi Banten menyediakan helikopter HS H203 yang diperoleh dari kerjasama dengan TNI AU. “KN SAR Basudewa siap siaga di dermaga 6, sementara helikopter HS H203 kami sediakan sejak H-4 kemarin hinga besok,” terang Zainal.

Baca Juga:  Satgas Dana Desa, Tuntaskan Persoalan Di Kabupaten Serang

Untuk memastikan keamanan arus mudik di jalur laut, Zainal mengatakan bahwa Basarnas Provinsi Banten melakukan patroli dua kali dalam sehari, tepatnya pada pukul 10.00 WIB pagi. “Kami melakukan patroli dari Pelabuhan Merak hingga Pelabuhan Bakauheni, kemudian dari Pelabuhan Bakauheni ke dermaga Indah Kiat,” katanya.

Basarnas Provinsi Banten juga membuka posko di kawasan Pelabuhan Merak sebagai pusat informasi bagi para personil terkait perkembangan keamanan arus mudik. Di dalam posko terdiri dari  3 personil bagian komunikasi, BSG 6 orang, Basarnas Banten 4 orang, dan kru KN SAR Basudewa 10 hingga 12 orang.[red/x]

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *