By | 26 Januari 2020

patron.id – Sukabumi, Balsa Bridge Competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HIMATSU) Politeknik sukabumi, dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HIMATSU) Universitas Serang Raya (Unsera) dengan memboyong juara 1 dan 2, Pada Sabtu (25/01/2020).

Perlombaan balsa merupakan rentetan dari acara Temu Wicara Regional Ke-XII Forum Komunikasi Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) yang dihadiri oleh berbagai Mahasiswa Teknik Sipil Se-Jabar Banten.

Manggala salah satu mahasiswa HIMATSU Unsera yang mengikuti perlombaan tersebut mengatakan bahwa kemenangan tersebut adalah hal yang diimpikannya

“Kami merasa senang dan bangga bisa menang, dan hal ini merupakan yang kita mimpi-mimpikan, Bangganya juga karena bisa memenangkan juara 2 lomba sejenis di Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya pada 2019 lalu,” Kata manggala kepada jurnalis patron.id

Unsera mengirim empat tim. Namun hanya dua tim yang masuk di final. Sedang yang meraih juara adalah Tim Himatsu Berkarya, dengan membawa model jembatan.

Baca Juga:  Bantu Siswa Belajar Daring, Forum Kepemudaan Sediakan Wifi Gratis

“Kami mempersiapakan model jembatan yang akan kami lombakan di kampus Unsera, Dengan perhitungan dan kerja keras sehingga kami membawa 4 rekayasa jembatan yang akan diuji di politeknik suka bumi.” jelas Manggala. Kayu balsa dikenal ringan namun memiliki kekuatan besar.

Sesuai aturan lomba, berat model jembatan kayu balsa tak boleh lebih dari 30 gram. Namun harus kuat menahan beban berat. Saat di final, berat jembatan buatan tim ini 27 gram dan mampu menahan beban 72,15 kg. Sedangkan Jembatan kedua 29,1 gram dan menahan beban 70,45 kg.

Dikatakannya juga, dengan mengikuti perlombaan diharapkan selalu mendapatkan pembelajaran agar kedepannya lebih baik.

“Setelah meraih kemenangan ini, mereka mengincar ikut lomba lagi di tingkat Nasional sehingga perjuangan di lomba sebelumnya bisa terus dilanjutkan dan dipertahankan.” Pungkasnya. [Red/Aldi]

Bagikan: