By | 7 Desember 2019

patron.id – Serang, Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA-F) Se-Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten Menggelar Pemilihan Umum Mahasiswa (PUM) tahun 2019.

Pada PUM tahun ini Senat Mahasiswa Fakultas Se-UIN SMH Banten membentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pelaksana PUM pasca kekosongan bangku Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) ditahun 2019.

PUM adalah Pemilihan Seluruh Ketua Organisasi Mahasiswa Se-UIN mulai dari tingkat tertinggi Universitas yaitu Dewan Eksekutif Mahasiswa  Universitas (DEMA-U) , Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U), ditataran Fakultas yaitu Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F), Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA-F) hingga Himpunan Mahasiswa jurusan (HMJ) di Tataran Jurusan Se-UIN SMH Banten.

Dari hasil musyawarah KPU  terbentuklah Peraturan KPU (P-KPU) untuk mengatur segala regulasi mulai dari pencalonan dan penetapan calon.

Tertulis dalam P-KPU pada tanggal 17 Desember 2019 Pelaksanaan pencoblosan dan pemungutan suara akan digelar oleh KPU.

Ade Riad Nurdin kerab di sebut Ade Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Adab selaku Salah satu mahasiswa yang mencalonkan diri sebagai Ketua DEMA-U memaparkan alasannya terkait pencalonan diri sebagai ketus DEMA-U.

Ingin membangkitkan lagi dinamika gerakan mahasiswa di UIN SMH Banten dalam budaya literasi adalah gagasan awal Ade mencalonkan diri.

“Saya ingin mengultimatum mahasiswa melalui DEMA-U guna menambah minat baca ataupun hal yang menyentuh literasi lebih dikembangkan lagi, karena saya memegang teguh perkataan pepatah , jika engkau ingin melihat dunia maka membacalah dan jika engkau ingin dilihat dunia maka menulislah, maka dari itu saya ingin mengembalikan budaya literasi mahasiswa yang sejak dulu ditanamkan oleh para pendahulu.” Kata Ade.

Selain itu Ade salah satu mahasiswa yang mempunyai beberapa prestasi dalam kejuaraan diantaranya yaitu, Juara 1 Nasional   Lomba baca kitab kuning (Fathul qarib) tahun 2016, juara 3 hifdunnadzam imritiy dan fathul qarib Nasional antar PTKIN Se-Indonesia 2017, Juara 1 fathul mu’in antar remaja se kota serang (2016), Juara 1 syarhil Qura’n Kabupaten Ciamis tahun 2015, Juara 2 Hifdunnadzam Alfiyyah Ibnu Malik Se- Provinsi banten tahun 2017.

Baca Juga:  Soal Singkatan Kata, MA IPNU Kab.Serang Keberatan Dengan Nasrul Ulum

Ia juga salah satu Mahasiswa Organisatoris dengan rekam jejak yang menarik yaitu diantaranya Menjadi Ketua HMJ Ilmu Al-Qur’an Tafsir tahun 2018, Ketua DEMA Fakultas Ushuluddin dan Adab tahun 2019, Pengurus Unit Pengembangan Tilawatil Qur’an tahun 2018, Pengurus PSM Jabar Tahun 2018-2019, Pengurus PMII Rayon Ushuluddin tahun 2018, pengurus PMII Komisariat UIN SMH Banten Tahun 2019, Ketua Risma Babul Maghfirah komplek Untirta Tahun 2018-2020.

Jurnalis patron.id menemui Ade untuk berbincang terkait pencalonannya di tataran DEMA-U, Ade juga memaparka tidak ada nilai yang kosong dalam Rekap Nilainya selama Ia kuliah.

“Alhamdulillah segala kesibukan yang saya jalani tidak membuat saya melupakan kewajiban saya, hingga hari ini saya belum pernah merasakan nilai yang dibilang rendah.” Kata Ade

Menjadi media penyaluran aspirasi Mahasiswa adalah keinginan Ade jika Ia terpilih sebagai DEMA-U.

“Karena menurut saya DEMA-U adalah jembatan bagi setiap penyampaian keresahaan mahasiswa di UIN SMH Banten, maka dari itu saya akan menjadikan DEMA-U Sebagai peta gerakan seluruh elemen mahasiswa yang mempunyai keresahan.” lanjutnya.

Mengenalkan UIN SMH Banten di tingkat Nasional salah satu pijakannya dalam melangkah di kontestasi PUM 2019 , Ia berpendapat bahwa Kampusnya harus bisa bersaing ditataran Nasional.

“Banyak Mahasiswa yang mempunyai Prestasi baik Akademik maupun Non Akademik, tetapi tidak di Organisir dengan baik, maka dari itu melalui DEMA-U Juga hal-hal yang ingin mengangkat Kampus dikancah Nasional Melalui Prestasi ataupun lainnya akan kita Organisir dengan baik.” Tegas Ade. [Red/Aldi]

Bagikan: