By | 1 Juli 2020

patron.id – Serang, Sebanyak 100 pedagang tidak mampu membayar pinjaman modal usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Serang.

Hal itu diungkapkan Ketua Baznas Kota Serang Habibie Asyafah kepada awak media, di Lingkungan Pemerintah Kota Serang, Kawasan Kota Serang Baru (KSB) Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok, Kota Serang. pada Rabu (1/7/2020)

“Jumlah pedagang tidak kehitung, sekitar 100 atau 80 pedagang yang datang kepada kami, pinjam istilahnya. Tapi setelah kami tagih kembali yaa macet, sampai sekarang, sudah kami datangi juga. Keliatannya juga sudah tidak pantas ditagih lagi karena memang keadaan,” kata Habibie.

Besaran pinjaman modal yang diberikan Baznas Kota Serang mulai dari 500 ribu hingga 3 juta, berlaku untuk pedagang kecil yang berkeliling di lingkungan kampung. Hal itu dilakukan Baznas Kota Serang dalam rangka pendistribusian zakat dalam mendorong ekonomi masyarakat bawah pada tahun 2017-2019.

“Pinjamannya berkisar mulai dari 500rb sampai dengan 3 juta. Itu pedagang-pedagang kecil yang ada di kampung. Jadi kami tidak memberikan modal kepada pedagang-pedagang di pinggir jalan atau pedagang besar, yang baru mulai dagang itu tidak dikabulkan, yang kami kabulkan justru yang sudah dagang sambil keliling mengangkat tampah,” sebutnya

Baca Juga:  Desa Sindangsari Rayakan HUT RI Ke 74 Gelar Pesta Rakyat

Berbagai upaya sudah dilakukan Baznas Kota Serang, mulai dari pendekatan kepada para pihak peminjam modal namun hasilnya tetap nihil.

“Upaya pendekatan sudah. Kami sudah berikan formulir penagihan dan mereka kembali dengam formulir yang diketahui oleh lingkungan pernyataan bahwa mereka tidak mampu membayar,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia menambahkan, pihaknya sepakat menghentikan penagihan terhadap para pedagang yang meminjam modal kepada Baznas Kota Serang.

“Tiga tahun (2017-2019) yang lalu sudah distop saja, karena saat ini bukan lagi untuk dipinjamkan. Karena kami sudah memberikan kepada orang-orang itu secara bebas untuk kebutuhan-kebutuham sesuai program,” katanya. [Red/Roy]

Bagikan: